Di zaman urban ini orang-orang semakin konsumtif, banyak
orang membeli suatu barang di luar kebutuhan primernya, banyak orang membeli
barang hanya karena barang terlihat unik. Terlepas dari perlu atau tidaknya konsumen
terhadap barang tersebut, bentuk-bentuk barang pun semakin inovatif, dari awalnya
tiap barang dibuat karena fungsi semata, hingga kini barang dibuat karena nilai
kebaruan dan keunikan, bahkan kadang beberapa barang tak dapat berhenti pada
sekali pembelian karena bersifat collectible atau dapat dikoleksi.
Kami sendiri mencoba berinovasi melalui produk barang
berbentuk gelas. Gelas adalah tempat untuk minum, semua orang tahu akan hal
mendasar tersebut karena setiap orang minum, setiap hari-pun orang memegang
gelas. Bentuk gelas bermacam-macam dari yang ada pegangannya hingga bentuk lain
yang disesuaikan dengan variasi dengan volume gelas yang berbeda-beda sesuai
kebutuhan.
Dilihat dari kebutuhan manusia, gelas adalah benda yang tidak luput
dan dekat kesehariannya dengan kegiatan manusia, melihat peluang itu kami
mencoba membuat barang yang dengan mudah dapat dibawa bepergian, dapat disimpan
di tas namun tetap fungsional, ditambah nilai keunikannya melalui eksplorasi
yang bersifat menarik hingga konsumen merasa walaupun barang dengan macam
tersebut banyak, tetapi nilai keunikannya sangat menarik bagi konsumen sehingga
patut untuk dibeli. Barang tersebut kami coba membuatnya dalam bentuk gelas
namun dapat dibawa kemana saja yang pada akhirnya bentuknya dispesifikasi
menjadi tumblr.
Gelas Bohong adalah produk Tempat Minum berbentuk tumbler
yang unik. Fungsi utamanya sebagai tempat minum ditunjang dengan gimik unik
pada lapisan tengahnya yang berisi minuman tradisional. Tempat minum ini akan
selalu terlihat berisi minuman yang tak akan pernah habis, minuman tersebut akan terlihat dan terkesan unik karena berupa cairan fluorescent berwarna-warni yang menyala seperti LED dan menimbulkan kesan segar.
Gelas Bohong diproduksi menggunakan mesin molding Injection
yang dimana mesin tersebut adalah mesin cetak untuk bahan plastik dan juga
akrilik. Lapisan tengahnya diisi oleh cairan berwarna-warni, mirip cairan kimia yang tidak akan membusuk. Bagian tengahnya ditutup rapat lalu dilakukan proses
sealing oleh mesin tersebut sehingga bagian yang ditutup ini menjadi tertutup
kuat saat terbalik air di dalam lapisan tengahnya tidak akan keluar ataupun
tumpah.
Tagline “IMAJINASI KESEGARAN” diambil dari literasi produk
yang dimana produk tersebut sebenarnya tidak memberika kesegaran pemilik maupun
siapapun yang melihat produk ini. Gelas Bohong ini berisi cairan warna-warni dengan warna-warna yang merepresentasikan 'kesegaran', namun
sesungguuhnya semuanya itu hanya hiasan semata. Gelas Bohong adalah gelas yang
memberikan persepsi palsu terhadap isi dalam produk.
Penjualan produk Gelas Bohong ini akan sangat memanfaatkan jejaring sosial sebagai ranah promosi, seperti Facebook, Twitter dan Instagram, namun kami disini menambahkan beberapa Jejaring sosial yang pasarnya tidak
seramai tiga jejaring sosial utama yang disebutkan diatas namun tetap mempunyai
peran untuk mendukung viral promotion-nya, jejaring sosial tersebut adalah Vine
dan Path. Walaupun pemanfaatan promosinya melalui dunia maya, namun untuk
penjualannya kami mengutamakan penjualan dengan system ‘bagi hasil’, dimana produknya
banyak dititipkan pada toko oleh-oleh yang dirasa potensial dan harga jualnya dinaikan
sekitar 5% untuk keuntungan toko yang dititipkan tersebut.
Kisaran harga yang akan dijual untuk produk ini berkisar
antara Rp 35.000,- hingga 48.000,-. Kami membuat beberapa varian warna untuk produk ini.
Team work: Tori Saudi, Yan Ahdiyat, David Gunarso, Muhammad Aditya, Aditya Aldjokdja
Facebook: Gelas Bohong
Twitter: Gelas Bohong
Contact Person: +6285659049131
Tidak ada komentar:
Posting Komentar