Kamis, 16 Januari 2014

ENSIKLOMEDIA

Namanya Ensiklomedia. Tujuannya buat have fun sih. Namanya juga game, ya bikin permainan. Main-main, tapi kelompok “daun&saputangan”, yang terdiri dari Andra, Agi, Lia, Andrean, Ridwan, dan Rachman ngerampungin ini game sampai mati-matian buat ngejadiin ini produk beneran. 




Oke, jadi awalnya gini nih, kita berenam ngusulin ide perkelompok. Tiap anggota kelompok ngusulin dua ide soal produk apa yang entarnya mau dibikin. Ada yang ngusulin jas hujan yang nempel dibagian belakang tas, card game kayak yang biasa dimainin sama orang-orang otaku, ada yang ngusulin portable desk buat nge-band, dan usulan yang kepilih yaitu board game, karena selain punya nilai plus dalam hal edukasinya, ternyata usulan yang satu ini bisa dibilang usulan pertama yang ngangkat tema board game edukatif.

Gamenya simpel dan so pasti enggak bikin boring, soalnya selain pertanyaannya beragam, kita juga bebas mau ngubah aturan penilaian kayak gimana terhadap yang menang dan yang kalah. Gamenya dibuat kayak permainan monopoli yang ada kesempatan dan dana umumnya itu lho, Cuma disini kita bedain kartunya-kartunya jadi berisi pertanyaan gitu. Bentuk pertanyaannya macam-macam, enggak se-formal kayak soal ujian di sekolahan ko, tenang aja. Kita kan mau ngajak have fun berilmu bareng. :D


Flashback ke proses pembuatan yang bikin anggota “daun&saputangan” ini mati-matian jumpalitan kayak dadu nyemplung di mesin cuci. Gini nih ceritanya, awalnya kita bagi-bagi tugas tuh, ada yang hunting dadu, ada yang desain, ada yang bikin laporan, ada yang ngemil (eh?) ya pokoknya macem-macemlah. Di beberapa minggu awal kerasanya nyantai banget tuh, pas minggu-minggu sebelum UTS alias pengumpulan dummy atau produk sempel, pikiran udah kalang kabut. Ada yang susah dicontactlah, ada yang nyasar di Jakarta lah buat nyariin dadu yang cling. Pas asistensi ke dosen...kerjaan kita banyak revisi, terutama soal ID card dan name tag yang dirasa belum perlu, warna tinggal dikuatin aja biar enggak terlalu baby kesannya. Dari sekian dadu yang dibeli, semua sepakat dadunya pakai yang tembus pandang alias transparan. Harga 1 dadunya lumayan bikin nelen ludah, dadu yang standar dipake yang segede upil itu harganya Rp10.000/butir (apa biji?).  mau gimana lagi, nyari yang semacam, itu penampakannya di Bandung emang cukup bikin gegulingan gak karuan. Pas ngumpulin dummy itu kita udah gak mikir gimana nilainya, yang ada dipikiran kita berenam cuma gimana caranya biar ni produk pada akhirnya bisa maksimal.


Lewat masa UTS kita mulai lagi main kejar-kejaran, konten/pertanyaan buat kartu enggak ada masalah karena dari awal juga udah kelar dengan 90 pertanyaan plus jawabannya. Dadu udah tinggal nambahin, box kita beli jadi yang tentunya disesuaikan sama desain yang udah kita rancang. Giliran yang bikin ilustrasi yang jumpalitan jungkir balik. Awalnya nih orang ngesketsa manual di komputer, terus enggak tahu digimanain lagi, pokoknya hasilnya mantep deh. Tapi...sayangnya cara ini justru ngabisin waktu lebih banyak, dan di acc dosen. K Buat promosiin produk yang dikasih nama Ensiklomedia ini, kita bikin kalender sama stiker. Tujuannya biar media promosi punya umur yang cukup panjang. Facebook udah dibikin dari awal, kita juga coba bikin akun twiter sesuai saran dosen. Email, password, oke. Berhubung sudah ada yang pakai nama ensiklomedia, jadi kita tambahin angka “1” dibelakangnya, yang bikin agak gimanaaaaa gitu. Avatar udah diganti pake logo, eh pas mau ngetweet kok gagal mulu ya(?)malah muncul tulisan “Maaf, akun anda sedang ditanggunhkan”. Email udah dikonfirmasi padahal, kalau gangguan pun biasanya cuma nunggu 24 jam. Oke, kita tungguin. Anehnya, ditungguin nyampe lumutan bahkan nyampe selesai pameran kewirausahaan “tangan di atas” yang diselenggarakan di universitas telkom, tuh akun masih aja ngasih kalimat kayak gitu. Entah apa dosa kelompok ini sama twiter, mungkin karena kita berenam memang jarang ngasi makan burung biru itu?


Dari sekian perjalanan membabi-buta itu kita bisa ngambil hikmah, diantaranya:

Pelajaran 1: Tidak terburu-buru memutuskan sesuatu.
Pelajaran 2: Pikirkan dari jauh-jauh sebelum produksi untuk harga jual+benefitnya. Jangan sampai harga jual produk segede hutang negara, tapi jangan dibikin rugi juga.
Jalan keluarnya cuma di ngurangin bahan atau pilih bahan dengan harga paling murah, harga cetak terjangkau, tapi juga punya kualitas yang enggak diragukan buat dipasarkan.
Pelajaran 3: Perbanyak relasi, terutama dengan orang-orang produksi yang secara gak langsung ngasih tau kualitas bahan dan keekonomisannya. Kalau enggak gitu ya siap-siap aja nguras dompet dan bingung mau dijual ke siapa produkl semahal itu. (nah lho)

Facebook: Ensiklomedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar