Namanya Ensiklomedia. Tujuannya buat have fun sih. Namanya juga game, ya bikin permainan. Main-main, tapi kelompok “daun&saputangan”, yang terdiri dari Andra, Agi, Lia, Andrean, Ridwan, dan Rachman ngerampungin ini game sampai mati-matian buat ngejadiin ini produk beneran.
Oke, jadi awalnya gini nih,
kita berenam ngusulin ide perkelompok. Tiap anggota kelompok ngusulin dua ide
soal produk apa yang entarnya mau dibikin. Ada yang ngusulin jas hujan yang
nempel dibagian belakang tas, card game kayak yang biasa dimainin sama
orang-orang otaku, ada yang ngusulin portable desk buat nge-band, dan
usulan yang kepilih yaitu board game, karena selain punya nilai plus
dalam hal edukasinya, ternyata usulan yang satu ini bisa dibilang usulan
pertama yang ngangkat tema board game edukatif.
Gamenya simpel dan so pasti enggak bikin
boring, soalnya selain pertanyaannya beragam, kita juga bebas mau ngubah aturan
penilaian kayak gimana terhadap yang menang dan yang kalah. Gamenya
dibuat kayak permainan monopoli yang ada kesempatan dan dana umumnya itu lho,
Cuma disini kita bedain kartunya-kartunya jadi berisi pertanyaan gitu. Bentuk
pertanyaannya macam-macam, enggak se-formal kayak soal ujian di sekolahan ko,
tenang aja. Kita kan mau ngajak have fun berilmu bareng. :D
Flashback ke proses pembuatan yang
bikin anggota “daun&saputangan” ini mati-matian jumpalitan kayak dadu
nyemplung di mesin cuci. Gini nih ceritanya, awalnya kita bagi-bagi tugas tuh,
ada yang hunting dadu, ada yang desain, ada yang bikin laporan, ada yang
ngemil (eh?) ya pokoknya macem-macemlah. Di beberapa minggu awal kerasanya
nyantai banget tuh, pas minggu-minggu sebelum UTS alias pengumpulan dummy atau produk sempel, pikiran udah kalang kabut. Ada yang susah dicontactlah,
ada yang nyasar di Jakarta lah buat nyariin dadu yang cling. Pas asistensi ke
dosen...kerjaan kita banyak revisi, terutama soal ID card dan name
tag yang dirasa belum perlu, warna tinggal dikuatin aja biar enggak terlalu
baby kesannya. Dari sekian dadu yang dibeli, semua sepakat dadunya pakai
yang tembus pandang alias transparan. Harga 1 dadunya lumayan bikin nelen
ludah, dadu yang standar dipake yang segede upil itu harganya Rp10.000/butir
(apa biji?). mau gimana lagi, nyari yang
semacam, itu penampakannya di Bandung emang cukup bikin gegulingan gak karuan. Pas
ngumpulin dummy itu kita udah gak mikir gimana nilainya, yang ada
dipikiran kita berenam cuma gimana caranya biar ni produk pada akhirnya bisa
maksimal.
Lewat masa UTS kita mulai
lagi main kejar-kejaran, konten/pertanyaan buat kartu enggak ada masalah karena
dari awal juga udah kelar dengan 90 pertanyaan plus jawabannya. Dadu udah
tinggal nambahin, box kita beli jadi yang tentunya disesuaikan sama desain yang
udah kita rancang. Giliran yang bikin ilustrasi yang jumpalitan jungkir balik.
Awalnya nih orang ngesketsa manual di komputer, terus enggak tahu digimanain
lagi, pokoknya hasilnya mantep deh. Tapi...sayangnya cara ini justru ngabisin
waktu lebih banyak, dan di acc dosen. K Buat promosiin produk yang
dikasih nama Ensiklomedia ini, kita bikin kalender sama stiker.
Tujuannya biar media promosi punya umur yang cukup panjang. Facebook udah
dibikin dari awal, kita juga coba bikin akun twiter sesuai saran dosen. Email,
password, oke. Berhubung sudah ada yang pakai nama ensiklomedia, jadi kita
tambahin angka “1” dibelakangnya, yang bikin agak gimanaaaaa gitu. Avatar udah
diganti pake logo, eh pas mau ngetweet kok gagal mulu ya(?)malah muncul tulisan
“Maaf, akun anda sedang ditanggunhkan”. Email udah dikonfirmasi padahal, kalau
gangguan pun biasanya cuma nunggu 24 jam. Oke, kita tungguin. Anehnya,
ditungguin nyampe lumutan bahkan nyampe selesai pameran kewirausahaan “tangan
di atas” yang diselenggarakan di universitas telkom, tuh akun masih aja ngasih
kalimat kayak gitu. Entah apa dosa kelompok ini sama twiter, mungkin karena
kita berenam memang jarang ngasi makan burung biru itu?
Dari sekian perjalanan
membabi-buta itu kita bisa ngambil hikmah, diantaranya:
Pelajaran 1: Tidak terburu-buru
memutuskan sesuatu.
Pelajaran 2: Pikirkan dari jauh-jauh
sebelum produksi untuk harga jual+benefitnya. Jangan sampai harga jual produk
segede hutang negara, tapi jangan dibikin rugi juga.
Jalan keluarnya cuma di
ngurangin bahan atau pilih bahan dengan harga paling murah, harga cetak
terjangkau, tapi juga punya kualitas yang enggak diragukan buat dipasarkan.
Pelajaran 3: Perbanyak relasi, terutama
dengan orang-orang produksi yang secara gak langsung ngasih tau kualitas bahan
dan keekonomisannya. Kalau enggak gitu ya siap-siap aja nguras dompet dan
bingung mau dijual ke siapa produkl semahal itu. (nah lho)
Facebook: Ensiklomedia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar